Skip to content

Pendidikan Lingkungan

Juni 30, 2001

Kutilang Indonesia percaya bahwa pendidikan adalah kunci bagi masa depan. Pendidikan harus mampu mengantarkan setiap individu untuk menemukan dirinya sendiri, dan kemudian menghadapi realitas disekitarnya dengan kritis dan mengubah dunia secara kreatif (Freire,1991)

Kegiatan pengamatan burung dan pengenalan kehidupan burung hanyalah sarana. Ruang bagi siapapun untuk berkumpul dengan suka cita, keakraban dan semangat. Pendidikan yang penuh intimidasi, suasana yang menegangkan dan tertekan bukanlah pilihan Kutilang Indonesia. Pendidikan yang tidak menawarkan nilai ujian sebagai indikator keberhasilan. Pendidikan yang menawarkan ruang bagi setiap individu untuk berkreasi, berimajinasi seluas-luasnya, untuk sekali lagi menemukan jati diri, berfikir kritis, dan mampu berinovasi guna menghadapi dunia baru yang terus berubah!

Sampai saat ini Kutilang Indonesia intensif mendampingi Schedultsem. Sebuah kelompok pengamat burung di lingkungan SMP 16 kota Yogyakarta. Kami mendampingi kelompok ini atas permintaan dari pihak sekolah sejak tahun 2008. Jika ingin mengetahui lebih jauh berlangsungnya kegiatan pendampingan ini silahkan tonton film dokumenter berikut: EAGLE EYE’S

Selain bekerjasama dengan lembaga pendidikan, kami juga bekerjasama dengan instansi pemerintah mulai dari dinas Pariwisata, Balai Konservasi sumber Daya Alam – Departemen Kehutanan, dan juga perusahaan swasta untuk menyelenggarakan kegiatan pendidikan lingkungan melalui kegiatan Pengamatan Burung.

Pintu kami selalu terbuka untuk bekerja bersama-sama dengan semua pihak menyelenggarakan kegiatan pendidikan lingkungan untuk anak-anak, pelajar, dan mahasiswa dengan menggunakan pengamatan burung dan pengenalan burung sebagai media pendidikan lingkungan.

Menanan pohon setelah mengamati burung di hutan kota Tinjomoyo, Semarang (2008)

Mengamati burung bersama keluarga staff PT.Newmont Nusa Tenggara (2006)

 

 

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: