Skip to content

MELESTARIKAN BURUNG DENGAN BINOKULER

Juni 6, 2010

Bagi seorang fotografer, sebuah kamera adalah senjatanya, sekaligus istri setianya. Bagi seorang birder, binokuler adalah andalannya. Binokuler atau keker, atau teropong adalah alat bantu yang digunakan untuk memperjelas obyek burung yang kita amati yang sulit dijangkau secara jelas dengan mata telanjang kita.

Binokuler mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda. Spesifikasi ini berhubungan dengan tipe habitat yang akan kita jelajahi, hutan yang rapat atau pantai yang terbuka. Biasanya pada badan binokuler tertulis angka, misalnya 5×25, 10×20, 8×24, dsb. Angka di depan menunjukkan perbesaran obyek, dan angka di belakang menunjukkan diameter lensa obyektif. Secara kasar, hasil bagi kedua angka tersebut menunjukkan diafragma atau besaran cahaya yang masuk. Jadi untuk pengamatan di hutan yang rapat, gelap, kita membutuhkan binokuler yang mempunyai diafragma 5 ke atas, sebaliknya untuk pengamatan di pantai yang terang, kita gunakan diafragma 5 ke bawah. Tetapi jika anda tidak mau repot, pilih binokuler standar berdiafragma 5, karena itu akan cocok anda gunakan di semua tipe habitat.

Hal kedua yang perlu ada pada anda adalah buku panduan pengenalan jenis burung. anda bisa pilih beberapa judul buku yng sudah banyak beredar, antara lain ‘Panduan Pengenalan Jenis-Jenis Burung Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan’, ‘Panduan Pengenalan Jenis Burung Sulawesi dan Nusa Tenggara’, Panduan Pengenalan Jenis Burung Irian dan New Guinea’, Birds of South-East Asia’ , dll. Di dalam buku-buku tersebut termuat hampir semua gambar burung di Indonesia dengan keterangan penyebaran, perilaku, makanan, habitat, dan suara. Ada buku lain yang bisa menjadi referensi kemana anda akan pergi birdwatching, yaitu buku ‘Birding Indonesia’. Anda akan mendapatkan informasi yang lengkap tentang lokasi-lokasi yang menarik untuk birdwatching di seantero Indonesia.

Alat-alat tersebut adalah teman setia anda, oleh karena itu rawatlah dengan telaten. Lindungi dari kelembaban, air, dan debu. Bersihkan semua peralatan ketika anda selesai meninkmati birdwatching.

One Comment leave one →
  1. FAKHRUL ROZI permalink
    Desember 6, 2010 1:51 pm

    dimana bisa beli buku Panduan Lapangan Pengenalan Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan buah karya MacKinnon dkk. mohon informasinya. trims.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: