Skip to content

Java Bird Walk Pagak Purworejo

Juni 15, 2010
tags: , ,

Cuaca cerah minggu pagi (3/02/2008) diawal bulan kasih…..puluhan anak manusia bergerombol di depan kampus Atma Jaya Yogyakarta. Yap….ini hari Java Bird Walk di awal tahun 2008, yang di komandoi oleh kawan-kawan Kelompok Studi Biologi FTB UAJY. Pasukan kuda besi pun meluncur di jalanan kota yogyakarta yang sedikit sepi karena matahari masih enggan mengeluarkan seluruh energinya.

Tujuan perjalanan para birdwatcher berkuda besi adalah daerah Malang, Pagak Purworejo. Perjalanan menuju kawasan pesisir pantai selatan itu sekitar 2 jam dengan kecepatan sedang, karena konvoi jelas kami harus selalu waspada dan mengecek setiap kawan. Syukurlah, perjalanan lancar hingga kami sampai di depan rumah mantan lurah yang masih cukup muda. Sambil menunggu kawanan kuda besi yang lain, kami mengecek semua peralatan yang dibawa, presensi dan membagi kelompok dengan para pemandu…wow….rompi kebesaran JBW pun di pakai oleh para pemandu.

Kelima pasukan bersenjata binokuler, monokuler lengkap sama tripotnya plus buku suci MacKinnon siap di tangan masing-masing. Buat teman-teman Pelatuk Unnes, Kepak Sayap UNS bahkan beberapa teman-teman Yogya memang belum pernah ke lokasi ini, so….ketika hamparan sawah membentang dan kami melewati pematangnya yang memang kecil dan blok…..akhirnya kejeblok juga…..siiip…..JBW kali ini judulnya jeblok-jeblokan di sawah dan tambak pun nggak lupa di rawa-rawa padahal persiapannya nggak pake boot tapi pake sepatu, sandal jepit so pas jeblok semua penuh lumpur. Belum lagi saat kami memulai perburuan pandanagn mata, matahari mengerahkan seluruh energi panasnya…..hi..hi..kejadian nih…JBW jeblok plus guooosong…..

Menyenangkan, hanya saja terbesit kasihan nih sama para pak tani….maaf pematangnya rusak gara-gara langkah kami mengintip burung diantara hijaunya tanaman padi yang menyegarkan pandangan mata. Melewati jembatan kayu yang mengeluarkan suara gesekannya yang khas setiap langkah kami di atasnya, melewati panasnya pasir pantai……dan cukup menyiksa bagi yang tidak pakai alas kaki. Acara sharing dan diskusi pun diadakan di TPI sambil menikmati snack hasil sumbangan. Hasilnya JBW akan segera di gelar lagi, menurut waktu sih 2 bulan lagi dengan penlenggaranya para birdwatcher yang menamakan diri LT 5 M alias Less Than Five Meters..wow…berarti besok nggak pake alat binokuler atau monokuler tapi kamera….he..he..buat digiscoping.

Lelah yang menghantam tubuh kami pun tak dirasakan, sore hari setelah menyantap Pop mie, Pop ice dan berbagai merk minuman lainnya di stand warung dadakannya KSB kami pun kembali menyusuri jembatan dan pantai. Namun kala sang awan gelap tiba dan rintikan hujan mulai turun membasahi tanah Pagak, kami mulai berlarian menuju tempat teduh dan menuju rumah singgah dimana para kuda besi di parkir. Hujan berhenti kami pun mulai bersiap diri untuk kembali ke kota gudeg, belum lama keluar dari jalan berrumput tinggi, hujan menyambut lagi kami dengan derasnya. Namun…..perjalanan must goon…hingga kami tiba kembali di Yogya.

Beberapa jenis burung yang ditemukan berdasarkan catatan kawan-kawan antara lain Cici padi, Prenjak padi, Mandar Bontot, Mandar Batu, Kuntul Kerbau, Kirik-kirik laut, Cikalang Christmas, Cica koreng jawa, Tekukur, Dederuk, Kicuit kerbau, Berkik, Cekakak belukar, Kareo padi, Itik benjut, Belibis, Bondol haji, Bondol oto hitam, Manyar, Cucak Kutilang, Bondol Jawa.

Ya….ini kesekian kalinya birdwatching bersama, setelah akhir tahun kemarin kami berkumpul di gunung Ungaran medini kali ini bagian bumi pertiwi kawasan pesisir selatan di kota Purworejo yang kami singgahi…..satu lagi pengalaman dan petualangan kami. Dua bulan lagi bersama LT5M kami siap kembali menilik bagian tanah nusantara yang lainnya, dan itu masih rahasia….so…siap-siap ya buat kawan-kawan yang ingin juga merasakan petualangan jeblok-jeblokan, panas-panasan, kehujanan sampe kedinginan juga di JBW selanjutnya. Act Now or Never, Do it for Indonesia ……Salam Kebebasan!!!.

(naring)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: