Skip to content

Merapiku Hijau Merapiku Berkicau

Juni 15, 2010

Geliat aktivitas anak manusia berbaju hitam mulai terlihat di lereng selatan Merapi yang masih tergigit dingin. Hari minggu yang cerah, para jiwa birdwatcher muda ini mulai terlihat sibuk sambil membawa kotak-kotak berisi peralatan yang akan digunakan untuk acara hari itu.

Mulai pukul 7 pagi di minggu 27 April hingga 18 Mei 2008, kawan-kawan Bionic menyelenggarakan Mersi Expo atau kalau diterjemahkan menjadi Mersani Peksi Expo. Bekerjasama dengan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), Kutilang Indonesia Birdwatching Club (KIBC), Jogja TV dan Mangrove Merchandise, Bionic (Biology Ornithology Club UNY) menggelar acara yang diperuntukan bagi para pengunjung Tlogo Putri.

Ada berbagai stand disana, antara lain stand hiburan yang berisi aneka ‘bird game’ untuk berbagai umur, stand ini terlihat paling ramai dikunjungi lho…, ada lagi stand menggambar dan mewarnai burung untuk anak-anak, ada stand birdwatching dimana diperkenalkan berbagai alat dan cara penggunaannya saat birdwatching, nah… beruntung kalau pagi hari bisa ngeliat burung yang tertangkap pandangan monokuler pemandunya, selain itu masih ada stand pameran dan pemutaran film tentang burung-burung dan aktivitas para birdwatcher di lereng selatan Merapi, yang ini film kebanggaan tentang Jogja Bird Rescue I. Stand lainnya ada warung konservasi dan pusat informasi yang ramai juga dikunjungi para peserta yang memiliki kupon untuk menukarkannya dengan berbagai macam door prize.

Meriah, itulah yang tergambar pada hari minggu di Tlogo Putri yang tidak seperti biasanya. Selain menikmati suasana sejuk hawa gunung Merapi dan tingkah laku para penghuni tetapnya si monyet ekor panjang (Macaca fasicularis) berinteraksi dengan aktivitas manusia, para pengunjung di ajak untuk menikmati sugguhan yang lain. Kegiatan yang bertajuk education and entertainment alias pendidikan dan hiburan ini memberi warna baru bagi para pengunjung. Berbagi pengetahuan tentang salah satu penghuni alam Merapi selain si ‘kethek’ yang kerap terlihat mencuri bekal para pengunjung.

Pengunjung diajak berkenalan dengan burung-burung di Merapi lewat hiburan, dan mengajak untuk turut menjaga keberadaannya di gunung teraktif ini dengan menampilkan berbagai aksi yang telah dilakukan. Partisipasi publik pun diharapkan dengan turut menyumbang kegiatan pelestarian burung, caranya?. Kawan-kawan ini ternyata tidak ketinggalan untuk membuat merchaindise tentang burung, bersaing denan para pedagang jadah tempe yang menarik pembeli. Tak sedikit lho… para pengunjung yang tertarik untuk membeli, karena semboyannya dengan membeli berati menyumbang untuk kegiatan pelestarian burung di Merapi…… .Acara ini akan di gelar setiap hari minggu hingga tanggal 18 Mei 2008 nanti, jadi masih ada kesempatan untuk bergabung bersama Bionic dan birdwatching club yang di undang di acara Mersi expo, merapiku hijau merapiku berkicau. Salam.

(naring)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: