Skip to content

SCHEDULTSEM JUARA 2 BIRDRACE MALANG

Juni 15, 2010

Pada bulan Agustus SCHEDULTSEM akan mengikuti lomba Birdrace tingkat nasional di P. Sempu dan lomba ini diadakan oleh Profauna Indonesia. Lomba ini menghabiskan dana sebesar 2 juta lebih, sehingga dana dari sekolah belum bisa untuk mencukupi kebutuhan. Agar kami bisa berangkat ikut lomba kita berusaha melakukan kegiatan yang bisa menghasilkan uang, salah satunya dengan menjual barang bekas.

Hari Sabtu seperti biasa SCHEDULTSEM berkumpul, kami membicarakan tentang dana yang belum mencukupi. Akhirnya kami sepakat untuk menjual barang-barang bekas. Setiap anak diwajibkan untuk mengumpulkan barang bekas. Dirapat ini kami juga berencana pada hari Minggu untuk mencari barang bekas di Alun-Alun Kidul. Hal ini dilakukan karena Sabtu malam di alun-alun diadakan pentas musik. Dan, biasanya setelah ada pentas musik banyak sampah seperti botol-botol minuman ringan yang berserakan.

Minggunya, kami beerangkat ke Alun-Alun Kidul, ternyata disana sudah tidak ada sampah lagi, sepertinya sampahnya udah keduluan diambil sama pemulung. Terpaksa hari itu tidak mendapatkan hasil apa-apa. Beberapa hari kemudian, dari sekolahan memberikan dana sebesar 500 ribu, kami sepakat uang itu akan digunkan untuk membuat kaos dan nanti hasil penjualan kaos dipakai untuk kita berangkat.

Setelah semua barang bekas terkumpul, kami berangkat bersama-sama mengunakan mobil. Setelah sampai di pengumpul kami langsung menurukan barang- barang. Setelah dihitung dan ditimbang akhirnya terkumpul uang sebesar 100 ribu. Setelah baju terjual, maka kami akhirnya berangkat.. Ke Malang. SCHEDULTSEM ditemani oleh Pak Karsono dan Pak Swiss. Pak Swiss merupakan guru pembimbing kami.

Pagi-pagi kami berangkat dari sekolah menggunakan travel. Di perjalanan berangkat kami bernyanyi-nyanyi tiada henti dan hal ini membuat saya yang biasanya suka muntah kalau perjalanan jauh menjadi tidak muntah. Setelah sampai di Kota Malang kami bermalam di rumah Pak Swiss dahulu. Paginya, setelah menyiapkan barang dan sarapan kami berangkat. Sampai di tempat berkumpul, tepatnya di Stadion Gajayana, Malang. Kami segera mendaftar ulang, setelah mendaftar dilakukan pertemuan sejenak. Saya sebagai ketua SCHEDULTSEM 1 juga ikut berkumpul.

Truk yang akan mengantar kami ke P. Sempu sudah datang kami segera naik. Perjalanan menuju P. Sempu ternyata sangat tidak enak, jalannya bergelombang membuat aku jadi pusing dan mau muntah. Akhirnya kami sampai di ujung selatan pulau Jawa. Kami mnyebrang menggunkan kapal nelayan.

Setelah sampai di P. Sempu kami segera menurunkan barang- barang. Aku dan teman-teman yang lain masih harus berjalan masuk ke hutan selama 1 jam. Kami berkemah disekitar danau. Setelah sampai semua peserta segera mendirikan tenda. Setelah selesai mendirikan tenda kami istirahat dan makan-makan terlebih dahulu. Kemudian acara selanjutnya adalah breefing teknis pelaksanaan lomba dan perkenalan. Setelah acara itu selesai semua peserta tidur.

Esok harinya pelaksanaan lomba dimulai, SCHEDULTSEM membagi menjadi 2 kelompok. SCHEDULTSEM 1 beranggotakan Bintang ( aku ), Arif, dan Tiara. SCHEDULTSEM 2 beranggotakan Hosi, Madha, dan Erlin. Pukul 18.00 WIB pengamatan selesai semua peserta mengumpulkan hasil pengamatan. Lalu kami beristirahat. Malamnya sebelum berdiskusi Bintang meminta waktu sebentar kepada panitia untuk menjual kaos sisa yang kemarin belum terjual di Yogyakarta. Setelah diskusi semua peserta tidur.

Paginya, panitia mengadakan kuis, aku mewakili SCHEDULTSEM 1 sedangkan Hosi mewakili SCHEDULTSEM 2. aku mendapatkan giliran ke 2 sedangkan Hosi dapat urutan ke 4. Di babak penyisihan Bintang melaju tak terkalahkan sedangkan Hosi di babak penyisihan sudah harus kandas di tengah jalan.

Akhirnya, Bintang menuju ke final, sayang di final aku kalah. Dan akhirnya Bintang hanya dapat meraih juara 3 kuis. Setelah kuis selesai, para juri mengadakan pengolahan data. Akhirnya setelah selesai, saat yang paling ditunggu-tunggupun datang. Juri mengumumkan juara 3 terlebih dahulu, ternyata yang dapat juara 3 adalah anak dari KSSL UGM. Kemudian juri mengumumkan juara 2, dan ternyata yang mendaparkan juara 2 adalah SCHEDULTSEM 1.

Betapa bahagianya aku, dengan lawan-lawan yang semuanya anak kuliahan akhirnya bisa menang juga. Sungguh merupakan hari terindah dalam hidupku. Kemudian juri mengumumkan juara 1, dan yang mendapatkan juara 1 adalah anak Kanopi Indonesia. Setelah selesai, kami segera pulang. Di pinggir pulau kami telah dijemput oleh kapal-kapal nelayan yang akan mengantarkan kami ke P. Jawa.

Kira-kira 3 jam kami sampai dikota Malang. Aku dan tema-teman udah dijemput oleh bapaknya Pak Swiss. Paginya kami diajak jalan-jalan ke pemandian air panas Cangar. Disitu, airnya sangat panas sehingga aku tidak bisa langsung masuk ke air. Setelah selesai, kami pulang ke rumah Pak Swiss. Di perjalanan kami menyempatkan membeli oleh-oleh untuk keluarga dirumah.

Kira-kira jam 10.00 WIB travel yang akan kami tumpangi datang menjemput. Setelah semua barang masuk ke bagasi, kami segera pamit kepada keluarga Pak Swiss dan tidak lupa kami juga berterimakasih karena sudah ngasih makan kami selama di sana. Sesampai di Jogja hari sudah malan, kami diantar satu-persatu ke rumah masing-masing oleh travel.

By: Bintang Rantau Randa

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: