Skip to content

10 HARI BERSAMA TIM AI (04-14 MEI 2007)

Juni 18, 2010

Sebelumnya saya belum pernah mendapatkan ilmu yang seperti ini….dimana dalam tim AI ini saya diajarkan bagaimana cara memasang jaring,menggulung jaring,melepaskan burung atau kelelawar dari jaring sampai kepada morfometri jaring.

Pengalaman dan kenangan 10 hari ini tidak akan pernah terlupakan dalam ingatanku .hari pertama melakukan survey lokasi hinggga akhirnya memasang jaring,awalnya aku merasa kesulitan dengan pemasangan jaring,namun akhirnya berkat kerja keras dan ajaran dari tim 3 akhirnya saya bisa melakukannya sendiri.

Menggulung jaing kelihatanya sangat mudah sekali,tetapi setelah saya mencobanya ternyata susah,apalagi jika anginya kencang badan terasa terbawa,selain itu saat bambu diatas bahu sangat pegal sekali,namun dengan begitu saya tetap semangat untuk belajar dan terus mencoba,akhirnya saat penggulungan hari terakhir saya bisa melakukanya sendiri.

Morfometri merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan,hari pertama saya diajari bagaimana cara memegang burung yang benar,agar tidak terjadi kelumpuhan pada burung bahkan mati,serta bagaimana cara mengukurnya.dengan pengajaran yang sabar dari tim 3 akhirnya saya bisa melakukan morfo sendiri.kendala yang dihadapi yaitu pada burung yang mempunyai paruh yang sangat pendek untuk mengukurnya sangat sulit sekali.

Dalam melepaskan burung dari jaring,saya hanya pernah sekali yaitu saat di jati malang,ternyata burung yang ku pegang yaitu celepuk reban,karena aku tidak tahu kalau burung itu ganas gigitanya aku pegang maka kemudian aku digigitnya,dan ini merupakan hal pertama di jati malang yang buat ku sial.selain itu hasil tangkapan burung tidak sesuai target yaitu 75 ekor.pada hari ke 9 saya memberanikan diri untuk melepaskan kelelawar dan akhirnya jika kita mau mencoba pasti semuanya bisa.

Subhanallah,selama 10 hari ternyata tidak sia-sia,apa yang diajarkan oleh tim 3 akubisa melakukannya sendiri,oleh karena itu saya menggucapkan banyak terima kasih buat tim 3 serta kepada YKI yang sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti kegiatan ini.

Buat tim 3 ….. Mas haris sebagai koordinator thanks atas pengajaranya, walaupun terkadang saya merasa kesel dan sebel banget atas ledekanya, tapi saya ga pernah marah dan selalu tersenyum, ledekannya akan terus saya ingat.

Mas NOE,banyak sekali mengajarkan saya di lapangan,sifatnya yang penyabar sehingga saya bisa melakukanya apa yang diajarkanya,saat kejebur lumpur di jata malang sehingga membuat HP ku mati,merupakan kenangan yang ga bisa dilupakan.

Mas WD,saya ga bisa berkomentar apa –apa,pokoknya makasih banyak atas semunya.

Mbak ELLIVE,tmn cwe satu-satunya di tim ini,yang udah mau diajak ngobrol,thanks berat serta mas AKBAR…yang merupakan tim dokter yang selalu semangat menjalani tugasnya walaupun keadaanya sakit…saya doakan moga cepat sembuh…..makasih banyak.

Oooh…da yang lupa lokasi penangkapan yang membuatku merasa tertantang yaitu jati malang,walaupun menyisakan banyak cerita dan kenangan yang buatku merasa sedih dan terpukul sehingga tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata,tapi tak kalah dengan trisik yang bisa merasakan tiupan angin pantai serta deburan ombak, Yang begitu indah.

Jati Malang………….

Menyisakan cerita bagi gadis volunteer……

Mengapa…..mengapa……..

Kau merenggut smua itu………!

Hingga gadis terdiam dan bersedih

Selamat Tinggal Jati Malang……….

“THANK’S BUAT ANAK KUTILANG S’MUANYA……,,,,,,”

From
LILIS SUMIATI
MapalaUT
blo_Mapalaut@yahoo.com
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: