Skip to content

Nungguin Gelatik…Eh Malah Kerak Kerbau Sama Tokek

Juni 18, 2010

Diq, Nang Pengamatan loh! Bangun!!! Kalimat itu yang sering kali terlontar ketika aku dan anies pagi-pagi dah sampe di sekret Matalabiogama yang sepi. Aku dan teman2 harus pergi ke Prambanan untuk mengamati gelatik.

Mulai bulan Juli 2006 kita berempat resmi ikut dalam Program Yayasan Kutilang Indonesia tentang konservasi gelatik jawa: memadukan konservasi gelatik jawa dan konservasi cagar budaya. Pada program tersebut kita berempat berperan sebagai tim peneliti sekaligus pemanjat, critané saat itu kita ngambil Mata Kuliah Kerja Praktek.

Awal perkenalanku dengan gelatik jawa dimulai saat uji pemasangan nest box. Saat itu pohon randu memang banyak dikunjungi burung kecil berparuh merah dan gendut menurutku, kombinasi yang lucu. Ditengah perjalanan monitoring, awal bulan Agustus, kebosananku muncul. Pohon meranggas, gelatik jarang sekali yang mengunjungi pohon apalagi datang ke nest box. Hu..hu… hari-hari yang panjang. Petualangan kembali seru ketika sekitar 5 ekor burung kerak kerbau justru malah terlihat sering mondar-mandir di pohon, bahkan mereka bersarang di pohon randu tersebut. Tapi si gelatik yang kita harapkan tetap ga’ datang-datang. Saat pengecekan nest box yang kita lakukan seminggu sekali nest box justru dihuni oleh dék tokek huuuh! Nest box yang lain terdapat tali rafia yang dibawa dék bondol, gelatiknya mana????

Sampai akhir kerja praktek kita di pertengahan bulan Agustus, gelatik jawa tidak ada yang menghuni nest box, dan itulah hasil KP ku dan kawan-kawan. Tapi denger2 dan sudah saya buktikan sekarang nest box merupakan rumah baru bagi beberapa ekor gelatik. Semoga ini adalah langkah awal bagi usaha konservasi dan semua wisatawan sampai kapanpun masih dapat melihat tingkah lucu serta mendengar suara merdu Padda oryzivora di pelataran Candi yang megah ini.

(kasput litle princes)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: