Skip to content

Respon Gempa 27 Mei 2006

Juni 18, 2010

27 mei 2006, sekitar jam 05.30 WIB, bumi jogja berguncang! Hampir semua kepala menuduh G.merapi penyebabnya. Tak lama berselang, terdengar kegaduhan suara klakson sepeda motor. Ribuan sepeda motor itu berebut jalan menuju ke utara diselingi teriakan,”tsunami…tsunami…”. Bahkan sempat tersiar kabar air bah itu telah sampai daerah Tugu Jogja sekitar pukul 08.00 WIB. Segera terbayang gambaran tsunami yang melanda Aceh dua tahun silam.
Pada pukul 10.00 WIB barulah terdengar kabar bahwa tidak ada tsunami. Beberapa jam sebelumnya, dari berbagai sumber juga tersiar kabar bahwa goncangan hebat itu disebabkan oleh gempa berkekuatan 5,9 skala richer. Pada saat yang sama rumah sakit dan puskesmas telah penuh sesak oleh korban luka. Mendung di siang itu mengiringi kesedihan warga jogja yang kehilangan anggota keluarganya. Isak tangis dan teriakan pilu masih terus terdengar sampai gulita malam menyelimuti Jogja.
Keluarga Besar Yayasan Kutilang Indonesia turut berduka. Meski kami tetap mengucap syukur karena seluruh anggota keluarga besar Yayasan Kutilang Indonesia masih diberikan perlindungan. Ucapan syukur itu kami wujudkan dengan segera berkonsolidasi untuk membantu korban bencana gempa. Sadar sebagai lembaga yang belum berpengalaman dalam respon bencana, kami bekerjasama dengan berbagai lembaga yang telah berpengalaman. Selain menjadi sekertariat bagi posko LINGKAR RELAWAN DAN LSM JOGAKARTA, kami juga bergabung dalam jaringan SUARA KORBAN BENCANA, menjadi salah satu mitra kerja OXFAM GB, ATLAS LOGISTIC, IRE dan RHK Project Management.
Total sumbangan uang yang dipercayakan kepada Yayasan Kutilang Indonesia untuk disalurkan kepada korban Gempa Bumi lebih dari 15 juta rupiah. Sumbangan ini berasal dari masyarakat dan komunitas pengamat burung dunia. Berbagai paket bantuan dari para donatur berupa bahan makanan, obat-obatan, hygiene kit dan perlengkapan pengungsian juga telah kami salurkan. Yayasan Kutilang Indonesia juga memfasilitasi tidak kurang dari 30 volunteer yang berasal dari kelompok mahasiswa, komunitas pengamat burung dan sahabat yang datang membantu. Di lapangan selain bekerjasama dengan warga masyarakat kami juga mendapatkan dukungan dari beberapa organisasi lokal seperti KOMUNITAS BIRU LANGIT dan CINDELARAS di Kecamatan Lendah serta FORUM MASYARAKAT KULONPROGO di Kecamatan Galur, keduanya di Kabupaten Kulonprogo.
Dua minggu penuh pasca gempa bumi seluruh staff Yayasan Kutilang Indonesia menghentikan seluruh aktifitas projek yang tengah dijalankan untuk membantu korban gempa bumi. Selanjutnya kami menugaskan salah seorang volunteer yang dibantu oleh beberapa orang yang telah berpengalaman khusus untuk melanjutkan kegiatan-kegiatan guna membantu korban gempa bumi bangkit dari keterpurukan akibat bencana. Laporan selengkapnya dapat anda download disini

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: