Skip to content

Daftar Merah IUCN

Juli 4, 2011

IUCN (International Union for Conservation Nature and Natural Resources) menentukan status flora dan fauna (dalam hal ini burung .Red.) yang ada diseluruh dunia dalam beberapa kategori (lihat bagan dibawah) berdasarkan kriteria-kriteria yang telah disusun oleh ahli-ahli dibidang konservasi flora-fauna.

Bagan status burung dalam daftar merah IUCN

Keterangan tiap status burung dalam daftar merah IUCN :

A. Terevaluasi / Evaluated: Semua jenis burung yang telah dilakukan evaluasi berdasarkan kriteria-kriteria yang telah disusun.

B. Belum Terevaluasi / Not Evaluated (NE): Semua jenis burung yang belum dilakukan evaluasi berdasarkan kriteria-kriteria yang telah disusun.
A.1. Cukup data / Adequate data: Data yang diperlukan untuk melakukan evaluasi sudah lengkap

A.2. Kurang data / Data deficient (DD): Data yang diperlukan untuk melakukan evaluasi, baik secara langsung maupun tidak langsung, terhadap resiko keterancaman punahnya belum tersedia.

A.1.a. Punah / Extinct: Hasil evaluasi menyatakan jenis burung telah punah

A.1.b. Terancam / Threatened: Hasil evaluasi menyatakan jenis burung terancam punah

A.1.c. Resiko rendah / Lower risk: Hasil evaluasi menyatakan jenis burung tidak terancam punah

 

A.1.a.i.  Punah / Extinct (EX): Memuat daftar semua jenis burung yang diketahui bahwa individu terakhir dari jenis burung tersebut tidak dapat ditemukan lagi di bumi.

A.1.a.ii. Punah di alam / Extinct in the wild (EW): Memuat daftar semua jenis burung yang diketahui bahwa individu terakhir dari jenis burung tersebut sudah tidak terdapat di tempat hidupnya (habitat), namun masih dapat ditemukan hidup di dalam kurungan, sangkar, kebun binatang dan atau diluar habitat aslinya.

 

A.1.b.i.  Kritis / Critically endangered (CR): Memuat daftar semua jenis burung yang menghadapi resiko keterancaman punah sangat tinggi. Salah satu kriterianya (ada 5 kriteria / syarat untuk menilai kelayakan satu jenis burung dapat masuk kategori ini) adalah telah mengalami penurunan populasi sebanyak 80% dan memiliki peluang untuk punah paling tidak 50% dalam 10 tahun terakhir atau dalam tiga generasi sesuai siklus hidupnya.

A.1.b.ii. Genting / Endangered (EN): Memuat daftar semua jenis burung yang menghadapi resiko keterancaman punah tinggi. Salah satu kriterianya adalah telah mengalami penurunan populasi sebanyak 50% dalam 10 tahun terakhir atau dalam tiga generasi sesuai siklus hidupnya dan memiliki peluang untuk punah paling tidak 20% dalam 20 tahun atau dalam lima generasi sesuai siklus hidupnya.

A.1.b.iii.Rentan / Vulnarable (VU): Memuat daftar semua jenis burung yang menghadapi resiko keterancaman punah sedang. Salah satu kriterianya adalah telah mengalami penurunan populasi sebanyak 20% dalam 10 tahun terakhir atau dalam tiga generasi sesuai siklus hidupnya dan memiliki peluang untuk punah hanya 10% dalam 100 tahun.

 

A.1.c.i.  Tergantung aksi konservasi / Conservation dependent (CD): Memuat daftar semua jenis burung yang sedang dalam penanganan suatu program konservasi dalam jangka waktu lima tahun terakhir untuk dapat dikategorisasikan dalam salah satu dari tiga sub kategori Terancam.

A.1.c.ii. Mendekati terancam / Near threatened (NT): Memuat daftar semua jenis burung yang mendekati sub kategori rentan (VU), namun belum memenuhi semua syaratnya

A.1.c.iii.Kurang mengkhawatirkan / Least concern (LC): Memuat daftar semua jenis burung yang tidak memenuhi syarat untuk masuk dalam sub kategori Tergantung Aksi Konservasi (CD) dan sub kategori Mendekati Terancam (NT). Atau dapat juga dikatakan memuat daftar semua jenis burung yang belum perlu dikhawatirkan untuk menjadi terancam punah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: