Skip to content

Petrel Tahiti

Juli 30, 2011

Tahiti Petrel
Pterodroma (Pseudobulweria) rostrata Peale, 1848

Deskripsi
Berukuran sedang (39 cm). Tubuh bagian atas coklat gelap dengan penutup sayap bagian atas berwarna coklat pucat. Sayap bagian dalam coklat gelap bergaris putih tipis pada bagian tengah. Leher dampai dada coklat gelap kontras dengan tubuh bagian bawah yang berwarna putih. Paruh hitam dan kokoh dilengkapi dengan lubang hidung yang berbentuk pipa khas keluarga petrel. Tungkai merah jambu dan ekor berbentuk baji. Penampakan jantan dan betina mirip, begitu juga dengan burung muda. Posisi sayap ketika terbang melayang membujur lurus, yang menjadi ciri pembeda dari jenis petrel lain.

Suara
Serial siulan yang panjang dan rumit yang diakhiri dengan suara rengkuran rendah mirip burung hantu.
Belum ada rekaman suara yang berasal dari wilayah Indonesia

Penyebaran dan Ras
Di kepulauan Pasifik tropis, termasuk French Polynesia, Fiji, American Samoa, New Caledonia dan Australia. Di luar musim berbiak dapat ditemui sampai Meksiko, Peru, dan mungkin di Afrika bagian selatan. Di perairan timur Indonesia (Maluku, NTT, Papua) burung ini belum banyak tercatat, kemungkinan merupakan penetap ketika musim tidak-berbiak.
Saat ini ada dua subspesies yang dikenali: rostrata (Peale, 1848) di Kep. Society, Kep. Marquesas di Pasifik Selatan; trouessarti Brasil, 1917 di New Caledonia. Subspesies yang ketiga becki Murphy, 1928 di Gugus Kepulauan Bismarck, Kep. Solomon sekarang menjadi spesies tersendiri dengan nama Beck’s petrel (Pseudobulweria becki)

Tempat hidup dan Kebiasaan
Menghabiskan sebagian besar waktunya di lautan, berada di daratan hanya saat musim berbiak. Membuat sarang di gugus koral atol atau di perbukitan rapat kepulauan vulkanik yang lokasinya mencapai 12 km dari garis pantai dengan ketinggian mencapai 2,000 m dpl. Terbang melayang dengan mengembangkan sayap diselingi kepakan sayap yang dalam, persendian-karpal bengkok. Jarang terbang tinggi di atas horison. Berkerumun di dekat kawanan ikan dan cumi di perairan terbuka.

Status
Daftar merah IUCN             : Hampir Terancam (NT)
Perdagangan internasional  :
Perlindungan                         :

Galeri
Oriental Bird Images
Belum ada foto yang berasal dari wilayah Indonesia

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: