Skip to content

Nuri Hitam

September 22, 2011

Nuri Hitam insignis © John Gerrard Keulemans

Black Lory
Chalcopsitta atra (Scopoli, 1786)

Deskripsi
30 cm. Nuri besar kehitaman, ekornya panjang dan membundar. Burung-burung dari bagian barat semuanya hitam (ungu di bagian tunggir); burung-burung dari bagian timur berulas merah di pipi, bahu, paha, sayap bawah, nercampur kuning ketika terbang dan di bulu-bulu ekor. paruh hitam.
Terdiri atas 3 sub-spesies yang dapat dibedakan dari corak warna dan daerah persebaran. C.a. atra: Jantan dan betina dewasa umumnya berwarna hitam, tunggir ungu/biru; ekor bagian bawah kuning zaitun tersapu merah, lingkar mata hitam polos, kulit pada pangkal paruh hitam, mata merah/oranye. C.a. bernsteini:Dahi dan kepala kemerahan, tunggir biru gelap. C.a. insignis:

Suara
Pekikan yang tinggi, lebih melengking dari nuri jenis lainnya, meskipun tidak sekeras Nuri kelam atau Perkici pelangi. Semua jenis Chalcopsitta memiliki suara yang mirip.
Belum tersedia rekaman suara yang diambil dari wilayah Indonesia.

Persebaran dan Ras
Populasi yang berwarna hitam menghuni Daerah Kepala Burung bagian barat, Batanta, Misool, dan Salawati. Populasi yang berulas kemeraan terdapat di dataran rendah Daerah Kepala Burung bagian timur, Tanjung Onin, dan Tanjung Bomberai. Kebanyakan burung yang berasal dari daerah paling timur bergabung dengan Nuri aru.

  • bernsteini Rosenberg, 1861 – P. Misool.
  • atra (Scopoli, 1786) – P. Batanta, P. Salawati dan Daerah Kepala Burung bagian barat (Papua).
  • insignis Oustalet, 1878 – Daerah Kepala Burung bagian timur, P. Amberpon dan Onin serta Semenanjung Bomberai, Papua.

Catatan: Daerah persebaran Nuri aru dan Nuri hitam bertemu di Barat Daya dan di tempat ini individu-individu burung mungkin saling hibridisasi. Semua jenis Chalcopsitta dapat dibedakan dari Nuri kelam dan Perkici pelangi yang lebih kecil dari cara terbang yang jelas berbeda: cepat, kibasan sayap yang tidak terlalu dalam tetapi bergerak lambat, sehingga terlihat seperti kepayahan dan lamban.

Tempat Hidup dan Kebiasaan
Dapat ditemui di habitat terbuka seperti kebun kelapa di pesisir, savana, tepi hutan, mangrove dan tegakan ekaliptus sampai ketinggian 200m. Hidup berkelompok, mencari makan bersama di pepohonan berbunga dan tegakan pohon kelapa di habitat terbuka: perkebunan di pesisir savana, dan tepi hutan.

Nuri Hitam bernsteini © John Gerrard Keulemans

Status
Daftar merah IUCN : Resiko Rendah (LC)
Perdagangan Internasional: Appendix II, dapat diperdagangkan dengan pengaturan tertentu
Perlindungan:

Galeri

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: